Blog Warung Pulsa

Tips Membersihkan Komputer Anda Dari File-file Sampah

Apakah komputer Windows Anda berjalan lebih lambat dari saat pertama kali anda menggunakannya? File-file sampah yang tidak perlu dan tidak diinginkan, seperti file log, file-file sementara, sisa-sisa program yang sudah dihapus, dan lain-lain – cenderung bertumpuk semakin banyak dari waktu ke waktu pada komputer yang  menjalankan Windows.

Hal ini terjadi pada banyak pengguna windows dan menjadi berita buruk. Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa program gratis yang menjadi solusi yang bagus untuk menangani masalah ini.

Blog Warung Pulsa akan mengulas tiga perangkat lunak yang sering digunakan dalam menangani masalah ini. Ketiganya gratis dan juga portable.

Kami akan menunjukkan kepada Anda:

cara menggunakan CCleaner
bagaimana menggunakan BleachBit
bagaimana menggunakan Revo Uninstaller
mengapa penting untuk membuat cadangan konten hard drive Anda sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

CCleaner

CCleaner mungkin adalah program yang paling terkenal untuk menghapus file yang tidak perlu dan entri registry.

CCleaner Ini memiliki pengaturan yang paling rinci dari semua program lainnya – Anda dapat menentukan secara detail apa yang Anda inginkan untuk dibersihkan dan apa yang Anda ingin hindari dari pembersihan.

Misalnya, anda tidak ingin kehilangan beberapa pengaturan cache dan anda dapat dengan mudah menghindari itu di CCleaner:


Anda dapat melakukan hal yang sama di tab Aplikasi untuk banyak perangkat lunak Anda, fitur ini juga ada pada program versi portabel.

Pada bagian Tools, Anda dapat:

1. uninstall program pada komputer Anda
2.
mengaktifkan, menonaktifkan, atau menghapus program startup
3.
menganalisis penggunaan ruang hard drive Anda berdasarkan jenis file
4.
mencari dan menghapus file duplikat
5.
menghapus sistem restore point
6.
menghapus ruang bebas drive Anda (atau seluruhnya)

 

CCleaner Program Uninstaller

Penghapus System Restore point

BleachBit

BleachBit adalah satu satu program freeware portable terbaik untuk menghapus file yang tidak perlu dari komputer Windows Anda.

Hal ini melengkapi CCleaner – namun ini tidak menawarkan banyak fitur seperti CCleaner, tapi, di sisi lain, sering menangkap beberapa file yang terlewati oleh CCleaner.

hasil pembersihan CCleaner


hasil pembersihan BleachBit


Seperti yang Anda lihat, ketika menjalankan scan BleachBit (disebut Preview) tepat setelah CCleaner selesai, masih banyak item yang tersisa untuk dihapus.

Revo Uninstaller

Anda mungkin memiliki crapware, bloatware, atau perangkat lunak yang tidak diinginkan yang diinstal pada komputer Anda. Hal-hal ini bukan malware, mereka hanya mengambil ruang pada hard drive dan menurunkan kinerja keseluruhan komputer Anda.

Ketika Anda membeli komputer baru dengan pra-instal Windows, hampir selalu datang dengan pra-instal crapware.

Sebagai catatan, Anda juga bisa menggunakan program Unchecky untuk mengurus masalah itu.

Revo Uninstaller adalah pilihan yang tepat setelah Anda pertama kali menggunakan komputer baru Anda atau jika anda sewaktu-waktu men-download dan menginstal perangkat lunak ke komputer Anda. Kelebihan dari Revo Uninstaller dibandingkan dengan uninstallers lain adalah bahwa ia menemukan semua file sisa dan sisa entri registry dan menghapusnya.

Revo Uninstaller memiliki fitur lebih lanjut selain fitur uninstall. Revo Uninstaller dapat membersihkan file sampah dan melakukannya lebih dalam. Setelah membersihkan komputer anda dengan kedua program CCleaner dan BleachBit, Revo Uninstaller ini masih dapat menemukan item lebih lanjut yang bisa dihapus:

hasil pembersihan Revo Uninstaller

Revo Uninstaller memiliki beberapa fitur pembersihan dan optimasi yang dapat berguna.

Fitur Windows Cleaner pada Revo Uninstaller

Fitur optimasi Revo Uninstaller

Kesimpulan

Tiga program pembersih yang disebutkan di atas, jika digunakan secara bijak bersama-sama dengan Disk Cleanup , dapat membantu meningkatkan kinerja Windows komputer Anda sangat.

Namun, saya ingatkan untuk menggunakan alat ini dengan hati-hati. Tentukan untuk menghapus hanya file-file yang Anda yakin tidak akan dibutuhkan oleh program dan sistem OS anda.

Jangan lupa jika Anda ingin bereksperimen dengan kemampuan alat ini, jangan lupa untuk membuat restore point sebelumnya. Dan sebelum membuat perubahan yang lebih jauh untuk konten hard drive Anda, saya sangat menyarankan Anda untuk sebelumnya membuat full backup dari drive Anda.

Tinggalkan Komentar

  • 11 Banner Ad slots open