Blog Warung Pulsa

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Katakanlah Anda ingin melakukan perjalanan jauh ke tempat baru yang belum pernah anda datangi, tetapi Anda tidak bisa menggunakan internet dan Anda tidak memiliki GPS (Global Positioning System) perangkat. Sehingga anda tidak bisa menggunakan Google Maps, Google Earth, atau server peta lain yang tersedia.

Cara yang paling efisien adalah dengan mendownload peta daerah atau negara yang Anda butuhkan untuk perjalanan Anda dan menyimpannya dalam format yang dapat digunakan di ponsel, tablet, atau laptop.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mendapat peta secara offline.

Menurut Google, adalah mungkin untuk mendownload hingga 50km × 50km (sekitar 30 mil × 30 mil) dari data peta sekaligus dari Google Maps. Tapi fitur ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel denga masuk ke Akun Google mereka.

Ini juga tidak banyak membantu kita. Meskipun Google mengumumkan pada acara Google I/O 2015 bahwa mereka berencana untuk memperluas kemampuan untuk menyimpan data peta di ponsel pengguna.

Menggunakan Tombol PRTSCR (Print Screen) di Keyboard

Anda dapat mengambil snapshot dari Google Maps, Bing Maps, atau layanan peta yang lain, dengan menggunakan tombol PRTSCR pada keyboard Komputer Anda – ini akan menyimpan seluruh area layar yang ke clipboard.

Kemudian, Anda buka alat editing gambar, seperti Microsoft Paint, kemudian paste data gambar dari clipboard ke Paint, dan menyimpannya sebagai file gambar.

Menggunakan aplikasi Greenshot

Atau, Anda dapat menggunakan alat screenshot dengan fitur user-friendly yang lebih baik dari Tombol PRTSCR bernama  Greenshot

Menggunakan FSS Google Maps Downloader

FSS Google Maps Downloader pada dasarnya adalah alat screenshot khusus gratis. Ia mengakses Google Maps di jendela dan menyimpan gambar PNG dari peta yang sedang Anda lihat. PNG gambar disimpan sebagai adalah – apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Tidak ada fitur zoom in atau out yang tersedia.

Sebagai fitur bonus, FSS Google Maps Downloader juga dapat mengakses tampilan jalan, sehingga Anda dapat menyimpan snapshot dari bangunan juga.

Printer PDF

Jika Anda memiliki printer PDF diinstal, Anda juga dapat mencetak peta ke file PDF.

Anda dapat melakukan ini secara langsung dari browser Anda saat melihat peta tersebut. Atau Anda dapat melakukannya dari Microsoft Paint ataupun dari FSS Google Maps Downloader.

Menggunakan GMapCatcher

GMapCatcher mungkin adalah yang terbaik dan paling baik untuk mendownload peta. Software Ini benar-benar gratis dan open source – tersedia untuk Windows dan Linux.

GMapCatcher benar-benar dapat mendownload data peta lengkap dalam peta, satelit, atau mode medan. Ini tidak mengakses Google Maps tapi peta open source yang lain.

Untuk menguji kemampuan GMapCatcher, saya perbesar area Wina, Austria dan sekitarnya dalam mode satelit.

Selanjutnya, saya pergi ke Tools> Settings dan di tab Settings memilih Maps Direktori Kustom dimana peta saya akan disimpan.

Tombol Tools adalah satu-satunya tombol di sudut kiri atas jendela GMAPCatcher ini.

GMapCatcher tombol Tools

Setelah saya pengaturan siap, Klik kanan pada peta dan pilih Batch Downloads dari menu konteks.

Pada jendela download GMapCatcher, Anda dapat menentukan posisi yang tepat dan wilayah peta yang harus didownload, serta tingkat zoom peta ‘.

Pengaturan ini langsung mempengaruhi jumlah data yang akan disimpan. Semakin besar daerah dan tingkat zoom yang Anda gunakan , semakin banyak data akan disimpan.

Bila Anda siap, klik tombol Download.

Dalam contoh diatas hasil download sebesar 104 MB data peta.

Sekarang anda bisa menggunakan peta secara offline dan pada peta ini kita dapat men-zoom in dan out.

Sama seperti jika kita browsing peta di Google Maps secara online.

Alat lainnya Yang Dapat Digunakan Untuk Peta secara Offline

Ada dua alat lain yang dapat digunakan untuk peta offline.

Salah satunya adalah GMaps, yang merupakan aplikasi Windows 8.1 . Aplikasi ini tersedia secara gratis.

Dan yang lainnya adalah Offline Maps, yang dibuat untuk perangkat Apple saja. Alat ini tidak gratis.

Kesimpulan

Jelas, tidak ada peta secara offline yang akan menawarkan kenyamanan menggunakan Google Maps dalam modus online. Data lalu lintas, hambatan, dll tidak akan tersedia secara offline.

Tetapi jika Anda bepergian tanpa koneksi internet, maka GMapCatcher adalah hal terbaik berikutnya yang dapat Anda gunakan.

Tinggalkan Komentar

  • 11 Banner Ad slots open